Foto yuli novi yuli yuli al inayah yuli astutik yulii

Tuesday, June 18, 2013

Bedak Yang Mengandung Merktri Apakah Ada? Halal?


Bedak Yang Mengandung Merktri Apakah Ada? Halal?
Ada seorang gadis cantik bertanya kepada ahli kesehatan tentang bedak untuk kecantikan wanita. Yang ditanyakan adalah tentang apakah ada bedak untuk woman beauty yang berbahaya? Kalau dikaji dari bahan-bahannya apakah termasuk produk yang tidak perlu label halal?
Jawabannya
Produk kosmetik yang berupa bedak, bisa kita jumpai sehari-hari, bahwa bedak merupakan serbuk padat yang halus, dengan derajat kehalusan tertentu. Bedak biasa digunakan untuk keperluan topical, digunakan pada kulit atau bagian luar tubuh. Dalam Farmasi dikenal adanya bedak atau serbuk tabor, karena penggunaannya ditaburkan dan diratakan di atas kulit. Kalau bedak digunakan untuk memoles wajah agar tampak cantik indah berseri, maka orang menyebut sebagai bedak kecantikan. Ada juga bedak tabur untuk obat, yang mengandung bahan untuk menghilangkan bau, gatal-gatal, bahkan untuk membunuh kuman atau bakteri dan jamur.
Jenis Bedak
Ada bedak yang khusus untuk bayi, karena kulitnya berbeda kepekaannya dengan orang dewasa. Ada bedak untuk kecantikan wajah, ada yang digun`kan untuk sekitar mata, ada yang digunakan untuk kulit tangan, dan kaki serta lainnya.
Ciri Bahaya dan Halal-Haramnya
Bahaya dan tidaknya bedak kosmetik atau lainnya, serta halal atau tidaknya sangat tergantung dari bahan-bahan yang digunakan dalam bedak. Ada bedak yang diramu dari bahan alami, misalnya bedak mawar, yang terdiri atas ramuan bahan serbuk beras, kencur, kunyit, bunga mawar dan bunga kenanga, maka bedak ini termasuk aman dan halal.
Bahan Kimia Bedak
Kebanyakan bedak mengandung zat inert, netral dan tidak berbahaya yaitu talk alias talcum. Ada yang ditambahkan bahan lain seperti Zinc Oksida, Titanium Dioksida, Iron Oksida, Silica, pewarna alami, pewarna buatan, parfum, pengawet dan lain-lainnya. Kalau pewarna mengandung bahan Manganese Violet, Chromium Oxide Greens, Chromium Hydroxide Green. Tentu perlu perhatian khusus karena adanya logam berat yang berbahaya. Apalagi kalau ditambah bahan pemutih yang mengandung Merkuri maupun Hidrokuinon, tentulah membahayakan kesehatan dan terlarang untuk kita gunakan.
Masalah Lain Pemakaian Bedak  Adalah Kuas Bulu Babi
adalah seringkali untuk mengoleskan ke wajah, atau kulit, digunakan busa ataupun kuas. Memang harus hati-hati karena ada banyak kuas yang berasal dari luar negeri, yang nota bene dikenal dengan pure bristle atau bulu (hewan) asli. Dapat berasal dari berbagai ragam bulu-bulu hewan, seperti dari babi, kuda, kambing, atau hewan lainnya. Hanya saja di luar negeri hewan yang banyak dipelihara dan mudah sekali perkembangbiakannya adalah babi. Masalah kuas seharusnya menjadi masalah utama untuk melindungi konsumen Muslim, karena termasuk bahan yang diharamkan dan dianggap najis bagi umat Islam. Oleh karena itu hendaklah hati-hati dalam memilih bedak kosmetik. 
Pilihlah yang sudah berlabel halal 
dengan tanda atau tulisan HALAL disertai logo MUI dengan ada nomor Sertifikat Halalnya. Serta sudah terdaftar di BPOM atau Depkes. Ada nomor Reg. BPOM RI disertai dengan kode CD (kosmetik dalam negeri) atau CL (kosmetik dari luar negeri), sehingga secara kesehatan aman dan secara syariah halal dan tidak najis.

No comments:

Post a Comment