Istilah multimedia berakar
dari Teater Panggung, bukan komputer. Pertunjukan yang memanfaatkan
lebih dari satu media di panggung sering kali disebut dengan pertunjukan
“multi-media”.
Pertunjukan multi-media mencangkup monitor video, audio band, dan karya
seni manusia sebagai bagian dari show. yang saling berkoordinasi untuk
menampilkan output atau hasil yang menakjubkan’
Multimedia merupakan penggunaan komputer untuk menyajikan dan
menggabungkan teks, suara, gambar, animasi dan video dengan alat bantu (tool) dan koneksi (link) sehingga pengguna dapat ber-(navigasi), berinteraksi, berkarya dan berkomunikasi. Multimedia sering digunakan dalam dunia hiburan dan game.
Multimedia dapat dimanfaatkan juga dalam dunia pendidikan dan bisnis sehingga sekarang banyak jasa sewa multimedia equipment.
Di dunia pendidikan, multimedia digunakan sebagai media pengajaran,
baik dalam kelas maupun secara sendiri-sendiri. Di dunia bisnis,
multimedia digunakan sebagai media profil perusahaan, profil produk, dan
pelatihan dalam sistem e-learning.
Multimedia berasal dari kata ‘multi‘ dan ‘media‘, Multi yang berarti ‘banyak‘ dan media yang berarti ‘perantara‘.
Pengertian dari multimedia adalah, Gabungan dari beberapa unsur berupa
teks, grafik, suara, video, dan animasi. yang dapat menghasilkan output
yang menakjubkan.
Multimedia adalah sarana komunikasi dengan lebih dari satu media untuk menyampaikan informasi dengan menggunakan komputer.
Multimedia adalah sarana komunikasi dengan lebih dari satu media untuk menyampaikan informasi dengan menggunakan komputer.
tekhnologi informasi berperan dalam beberapa bidang pekerjaan, yaitu :
1. Bidang Pendidikan.
2. Bidang Ekonomi.
3. Bidang Pemerintahan.
1. Bidang Pendidikan.
2. Bidang Ekonomi.
3. Bidang Pemerintahan.
Manfaat Di Bidang Pendidikan
• E-Learning, berkembangnya pendidikan terbuka dengan modus belajar jarak jauh (Distance Learning).
• Sharing resource bersama antar lembaga pendidikan / latihan dalam sebuah jaringan
• E-Library, Perpustakaan Digital
• Penggunaan perangkat teknologi informasi interaktif, seperti CD-ROM Multimedia, dalam pendidikan secara bertahap menggantikan TV dan Video.
• E-Learning, berkembangnya pendidikan terbuka dengan modus belajar jarak jauh (Distance Learning).
• Sharing resource bersama antar lembaga pendidikan / latihan dalam sebuah jaringan
• E-Library, Perpustakaan Digital
• Penggunaan perangkat teknologi informasi interaktif, seperti CD-ROM Multimedia, dalam pendidikan secara bertahap menggantikan TV dan Video.
Manfaat Di Bidang Ekonomi
• E-Banking, transaksi perbankan secara online.
• E-Commerce, perdagangan menggunakan jaringan komunikasi internet.
• Enterprice Resource Planning (ERP), aplikasi perangkat lunak yang mencakup sistem manajemen dalam perusahaan.
• E-Banking, transaksi perbankan secara online.
• E-Commerce, perdagangan menggunakan jaringan komunikasi internet.
• Enterprice Resource Planning (ERP), aplikasi perangkat lunak yang mencakup sistem manajemen dalam perusahaan.
Manfaat Dalam Bidang Pemerintahan
• E-government adalah penggunaan teknologi informasi yang dapat meningkatkan hubungan antara pemerintah dan pihak-pihak lain.
Penggunaan teknologi informasi ini kemudian menghasilkan hubungan bentuk baru seperti:
1. G2C (Governmet to Citizen)
2. G2B (Government to Business)
3. G2G (Government to Government)
• E-government adalah penggunaan teknologi informasi yang dapat meningkatkan hubungan antara pemerintah dan pihak-pihak lain.
Penggunaan teknologi informasi ini kemudian menghasilkan hubungan bentuk baru seperti:
1. G2C (Governmet to Citizen)
2. G2B (Government to Business)
3. G2G (Government to Government)
Undang-undang Mengenai Tekhologi Informasi UU ITE
UNDANG-UNDANG INFORMASI DAN TRANSAKSI ELEKTRONIK termuat pada pasal 27-37, sedangkan Ketentan Pidana pada pasal 45-52. Pidana dapat berupa pidana penjara dan atau denda.
UNDANG-UNDANG INFORMASI DAN TRANSAKSI ELEKTRONIK termuat pada pasal 27-37, sedangkan Ketentan Pidana pada pasal 45-52. Pidana dapat berupa pidana penjara dan atau denda.
Beberapa pakar menggambarkan pengertian Multimedia Sebagai berikut:
1. Multimedia secara umum merupakan kombinasi 3 elemen, yaitu suara, gambar, dan teks (Mc Cormick, 1996)
2. Multimedia adalah kombinasi dari paling sedikit 2 media input atau output dari data. Media ini dapat audiao (suara, music), animasi, video, teks, grafik, dan gambar (Turban, dkk,.2002).
3. Multimedia merupakan alat yang dapat menciptakan presentasi yang dinamis dan intaktif yang mengombinasikan teks, grafik, animasi, audio, dan gambar video (Robin dan Linda, 2001).
4. Multimedia merupakan pemanpaatan computer untuk membuat dan menggabungkan teks, grafik, audio, gambar bergerak ( video dan animasi, dengan menggabungkan link dan tool yang memungkinkan pemakai melakukan navigasi, berintraksi, dan berkomunikasi (Hofstetter, 2001)
1. Multimedia secara umum merupakan kombinasi 3 elemen, yaitu suara, gambar, dan teks (Mc Cormick, 1996)
2. Multimedia adalah kombinasi dari paling sedikit 2 media input atau output dari data. Media ini dapat audiao (suara, music), animasi, video, teks, grafik, dan gambar (Turban, dkk,.2002).
3. Multimedia merupakan alat yang dapat menciptakan presentasi yang dinamis dan intaktif yang mengombinasikan teks, grafik, animasi, audio, dan gambar video (Robin dan Linda, 2001).
4. Multimedia merupakan pemanpaatan computer untuk membuat dan menggabungkan teks, grafik, audio, gambar bergerak ( video dan animasi, dengan menggabungkan link dan tool yang memungkinkan pemakai melakukan navigasi, berintraksi, dan berkomunikasi (Hofstetter, 2001)
Bau termasuk ke dalam elemen Multimedia, Bau mulai menjadi bagian dari multimedia sejak ditemukanteknologi reproduksi bau melalui telekomunikasi.
Dengan perangkat input pendeteksi bau, seseorang dapat mengirimkan
hasil digitizing bau tersebut melalui internet. Pada komputer penerima
harus tersedia perangkat output berupa mesin reproduksi bau.
Mesin reproduksi bau ini mencampurkan berbagai jenis bahan bau yang
setelah dicampur menghasilkan output berupa bau yang mirip dengan data
yang dikirim dari internet. Dengan menganalogikan dengan printer, alat
ini menjadikan feromon-feromon bau sebagai pengganti tinta. Output bukan berupa cetakan melainkan aroma.

Tay (2000) memberikan definisi multimedia sebagai : Kombinasi teks,
grafik, suara, animasi dan video. Bila pengguna mendapatkan keleluasaan
dalam mengontrol maka hal ini disebut multimedia interaktif. Lalu bagaimana dengan istilah multimedia pembelajaran? Hooper (2002) menyebutkan bahwa multimedia sebagai media presentasi berbeda dari multimedia sebagai media pembelajaran.
Media presentasi tidak menuntut pengguna berinteraktivitas secara aktif
di dalamnya; sekalipun ada interaktivitas maka interaktivitas tersebut
adalah interaktivitas yang samar (covert). Dengan demikian multimedia
pembelajaran adalah paket multimedia interaktif di mana di dalamnya
terdapat langkah-langkah instruksional yang didisain untuk melibatkan
pengguna secara aktif di dalam proses pembelajaran.
Istilah yang spesifik bagi suatu paket pembelajaran berbasis komputer adalah CAI (Computer Assisted Instruction), CAL (Computer Assisted Learning) atau CBL (Computer Based Learning).
Paket-paket ini tidak secara eksplisit mencantumkan multimedia di
dalamnya. Jadi bisa saja paket-paket tersebut memang merupakan
multimedia dalam arti luas (mengandung teks, audio, animasi, video,
bahkan simulasi) atau hanya terbatas mengandung beberapa media seperti
teks dan gambar saja.
No comments:
Post a Comment