Foto yuli novi yuli yuli al inayah yuli astutik yulii

Monday, June 3, 2013

Pengertian Umum Multimedia

Pengertian Umum Multimedia
Istilah multimedia berakar dari Teater Panggung, bukan komputer. Pertunjukan yang memanfaatkan lebih dari satu media di panggung sering kali disebut dengan pertunjukan “multi-media”.
Pertunjukan multi-media mencangkup monitor video, audio band, dan karya seni manusia sebagai bagian dari show. yang saling berkoordinasi untuk menampilkan output atau hasil yang menakjubkan’
images 21
Multimedia merupakan penggunaan komputer untuk menyajikan dan menggabungkan teks, suara, gambar, animasi dan video dengan alat bantu (tool) dan koneksi (link) sehingga pengguna dapat ber-(navigasi), berinteraksi, berkarya dan berkomunikasi. Multimedia sering digunakan dalam dunia hiburan dan game.
Multimedia dapat dimanfaatkan juga dalam dunia pendidikan dan bisnis sehingga sekarang banyak jasa sewa multimedia equipment. Di dunia pendidikan, multimedia digunakan sebagai media pengajaran, baik dalam kelas maupun secara sendiri-sendiri. Di dunia bisnis, multimedia digunakan sebagai media profil perusahaan, profil produk, dan pelatihan dalam sistem e-learning.
Multimedia berasal dari kata ‘multi‘ dan ‘media‘, Multi yang berarti ‘banyak‘ dan media yang berarti ‘perantara‘. Pengertian dari multimedia adalah, Gabungan dari beberapa unsur berupa teks, grafik, suara, video, dan animasi. yang dapat menghasilkan output yang menakjubkan.
Multimedia adalah sarana komunikasi dengan lebih dari satu media untuk menyampaikan informasi dengan menggunakan komputer.
555
tekhnologi informasi berperan dalam beberapa bidang pekerjaan, yaitu :
1. Bidang Pendidikan.
2. Bidang Ekonomi.
3. Bidang Pemerintahan.
Manfaat Di Bidang Pendidikan
• E-Learning, berkembangnya pendidikan terbuka dengan modus belajar jarak jauh (Distance Learning).
• Sharing resource bersama antar lembaga pendidikan / latihan dalam sebuah jaringan
• E-Library, Perpustakaan Digital
• Penggunaan perangkat teknologi informasi interaktif, seperti CD-ROM Multimedia, dalam pendidikan secara bertahap menggantikan TV dan Video.
Manfaat Di Bidang Ekonomi
• E-Banking, transaksi perbankan secara online.
• E-Commerce, perdagangan menggunakan jaringan komunikasi internet.
• Enterprice Resource Planning (ERP), aplikasi perangkat lunak yang mencakup sistem manajemen dalam perusahaan.
Manfaat Dalam Bidang Pemerintahan
• E-government adalah penggunaan teknologi informasi yang dapat meningkatkan hubungan antara pemerintah dan pihak-pihak lain.
Penggunaan teknologi informasi ini kemudian menghasilkan hubungan bentuk baru seperti:
1. G2C (Governmet to Citizen)
2. G2B (Government to Business)
3. G2G (Government to Government)
Undang-undang Mengenai Tekhologi Informasi UU ITE
UNDANG-UNDANG INFORMASI DAN TRANSAKSI ELEKTRONIK termuat pada pasal 27-37, sedangkan Ketentan Pidana pada pasal 45-52. Pidana dapat berupa pidana penjara dan atau denda.
Beberapa pakar menggambarkan pengertian Multimedia Sebagai berikut:
1. Multimedia secara umum merupakan kombinasi 3 elemen, yaitu suara, gambar, dan teks (Mc Cormick, 1996)
2. Multimedia adalah kombinasi dari paling sedikit 2 media input atau output dari data. Media ini dapat audiao (suara, music), animasi, video, teks, grafik, dan gambar (Turban, dkk,.2002).
3. Multimedia merupakan alat yang dapat menciptakan presentasi yang dinamis dan intaktif yang mengombinasikan teks, grafik, animasi, audio, dan gambar video (Robin dan Linda, 2001).
4. Multimedia merupakan pemanpaatan computer untuk membuat dan menggabungkan teks, grafik, audio, gambar bergerak ( video dan animasi, dengan menggabungkan link dan tool yang memungkinkan pemakai melakukan navigasi, berintraksi, dan berkomunikasi (Hofstetter, 2001)
Bau termasuk ke dalam elemen Multimedia, Bau mulai menjadi bagian dari multimedia sejak ditemukanteknologi reproduksi bau melalui telekomunikasi. Dengan perangkat input pendeteksi bau, seseorang dapat mengirimkan hasil digitizing bau tersebut melalui internet. Pada komputer penerima harus tersedia perangkat output berupa mesin reproduksi bau.
Mesin reproduksi bau ini mencampurkan berbagai jenis bahan bau yang setelah dicampur menghasilkan output berupa bau yang mirip dengan data yang dikirim dari internet. Dengan menganalogikan dengan printer, alat ini menjadikan feromon-feromon bau sebagai pengganti tinta. Output bukan berupa cetakan melainkan aroma.
imagesDEFINISI MULTIMEDIA, Multimedia sebenarnya adalah suatu istilah generik bagi suatu media yang menggabungkan berbagai macam media baik untuk tujuan pembelajaran maupun bukan. Keragaman media ini meliputi teks, audio, animasi, video, bahkan simulasi.
Tay (2000) memberikan definisi multimedia sebagai : Kombinasi teks, grafik, suara, animasi dan video. Bila pengguna mendapatkan keleluasaan dalam mengontrol maka hal ini disebut multimedia interaktif. Lalu bagaimana dengan istilah multimedia pembelajaran? Hooper (2002) menyebutkan bahwa multimedia sebagai media presentasi berbeda dari multimedia sebagai media pembelajaran.
Media presentasi tidak menuntut pengguna berinteraktivitas secara aktif di dalamnya; sekalipun ada interaktivitas maka interaktivitas tersebut adalah interaktivitas yang samar (covert). Dengan demikian multimedia pembelajaran adalah paket multimedia interaktif di mana di dalamnya terdapat langkah-langkah instruksional yang didisain untuk melibatkan pengguna secara aktif di dalam proses pembelajaran.
Istilah yang spesifik bagi suatu paket pembelajaran berbasis komputer adalah CAI (Computer Assisted Instruction), CAL (Computer Assisted Learning) atau CBL (Computer Based Learning). Paket-paket ini tidak secara eksplisit mencantumkan multimedia di dalamnya. Jadi bisa saja paket-paket tersebut memang merupakan multimedia dalam arti luas (mengandung teks, audio, animasi, video, bahkan simulasi) atau hanya terbatas mengandung beberapa media seperti teks dan gambar saja.

No comments:

Post a Comment